SEO yaitu singkatan dari (Search Engine Optimization) yang berarti Optimisasi Mesin Pencari.

#. SEO adalah strategi atau trik pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan di website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.


#. Penggunaaan strategi yang tepat biasanya dapat meningkatkan bisnis anda, namun apabila salah, bisnis anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

#. Sebagai contoh, untuk bisnis "Toko Handphone", apabila ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata "toko handphone" di mesin pencari seperti (Google, Yahoo, Bing dan masih banyak lagi), bisnis tersebut harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

#. Masalahnya adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian ( Search Engine Result Page SERP) sangat terbatas. kurang lebih tepatnya terdapat 10 tempat, sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 dalam hasil pencarian. di sini adalah bagian penerapan strategi SEO (Search Engine Optimization).

Kelebihan Dan Kekurangan SEO (Search Engine Optimization)

-- Kelebihan SEO (Search Engine Optimization)

1. Jika sudah berada di halaman pertama hasil pencarian Google sesuai kata kunci yang di target situs/halaman akan memiliki kesempatan tampil 24 jam non stop.

2. Seminggu (24/7) secara terus-menerus sampai ada situs/halaman lain yang lebih optimal SEO-nya daripada situs/halaman tersebut, akibatnya situs/halaman mendapat klik/trafik terus menerus dari pengunjung internet.

3. Tidak perlu membayar kepada Google sepeserpun untuk bisa ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian google selama 24 jam seminggu (24/7) secara terus-menerus (non-stop). Promosi yang tidak tidur untuk meningkatkan ROI anda

4. Lebih fleksibel menentukan judul dan deskripsi situs/halaman.

5. Membangun otoritas dan brand,perusahaan yang profesional atau personal secara online dengan lebih baik.

--Kekurangan SEO (Search Engine Optimization)

1. Tidak bisa hanya dalam waktu kurang dari 1 jam untuk dapat muncul di halaman pertama google. Bisa butuh waktu harian dan bahkan mingguan dan bisa jadi bulanan, tergantung dari beberapa faktor.

2. Dibutuhkan biaya, waktu dan usaha saat melakukan Seo (walaupun nanti hasil yang didapat bisa lebih permanen dibandingkan situs/halaman non-SEO).

3. Karena hasil yang lebih permanen dibandingkan situs/halaman non-SEO, adanya peluang yang baik untuk membangun otoritas dan brand, maka persaingan situs/halaman untuk masuk google akan lebih tinggi dibandingkan non-SEO.


Tujuan Dasar SEO (Search Engine Optimization)

Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Pencarian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan,unik,dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web anda dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relevan,unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web anda, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.



Tujuan Utama SEO (Search Engine Optimization)

Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:

1. Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
Supaya sebanyak-banyak nya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak di klik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 - 3 di SERP). Seperti Google tekankan bahwa halaman website yang memiliki konten yang lebih baik dan cara kerja teknik SEO yang akurat, akan mendapatkan rangking yang paling tinggi.

2. Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau jasa anda
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang di targetkan sesuai kata kunci yang akan anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung/ kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang anda tawarkan di situs anda. hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs anda.

3. Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinampung
Sebagaimana anda di pahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapi, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai.

Jika tujuan SEO anda tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini maka dapat dipastikan akan        banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang anda optimisasi untuk mesin              pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs anda akan semakin tinggi.

Manfaat SEO

Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, ayau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen di situs web anda, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari anggota komunitas, partisipan, atau konsumen anda.

1. Konversi Umum

#. Meningkatkan popularitas dan otoritas situs web anda sehingga mudah di jangkau oleh calon audience, pengguna informasi, atau konsumen prouk/jasa yang anda tergetkan.

#. Meningkatkan otoritas,brand dan kepercayaan konsumen atau komunitas terhadap perusahaan,profesional, atau personal anda, sehingga situs anda menjadi acuan atau referensi di bidangnya (dengan syarat situs anda memiliki isi yang unik, bagus, dan berotoritas/ authorized contents).

2. Konversi Utama

#. Akibat konversi umum di atas, maka terjadilah konversi mikro seperti kembalinya pengunjung ke situs anda, waktu kunjungan yang relatif lebih lama, dan interaksi lainya yang menyatakan penilaian positif pengunjung situs kepada situs web anda.

#. Akibat konversi mikro di atas, maka tingkat pencapaian objektif utama situs web anda juga akan meningkat. inilah yang disebut dengan konversi makro: misalnya meningkatnya transaksi penjualan jika situs anda berkategori situs komersial misalnya toko online atau agen perjalanan wisata, meningkatkanya jumlah pelanggan artikel terbaru jika situs anda adalah situs produk informasi terkait industri atau bidang tertentu, dan seterusnya.

Konversi dari trafik pengunjung bisa diupayakan dengan formula konversi (conversion formula) diantaranya dengan menyediakan komponen-komponen tertentu di situs web anda seperti form pendaftaran online, kalimat-kalimat yang mengajak untuk melakukan suatu aksi (call-to-action atau CTA) atau tombol-tombol seperti "Beli Sekarang" atau "Daftar Sekarang" yang terkait pemenuhan objektif situs anda, dan sejenisnya, bidang ilmu khusus yang mempelajari bagaimana meningkatkan tingkat konversi adalah conversion rate optimization (CRO).


Jenis Penargetan SEO (Search Engine Optimization)

Secara umum jenis penargetan SEO adalah jenis penargetan web, seperti pada ilustrasi dan contoh di atas. Namun, google menyediakan beberapa jenis hasil pencarian seperti pencarian gambar (image search), pencarian lokal (local search), pencarian vidio (vidio search), pencarian akademik (academic search), dan pencarian berita (news search).

Selain jenis pencarian web, jenis pencarian local (local search) juga sangat penting untuk di pahami karena google memberikan bobot lebih pada saat melakukan pencarian. Dan karenanya  jangan heran jika hasil pencarian bisa berubah-ubah, sesuai lokasi dari si pencari.







Pengertian Keyword adalah kata atau rangkaian kata yang di tuliskan user di mesin pencari untuk menemukn halaman web yang sesuai, berisi informasi yang mereka cari.

Secara kodrat memang hanya itulah satu-satunya bentuk yang mampu dioleh oleh mesin pencari Google dari dulu hingga saat ini teks-teks yang biasanya kita sebut dengan keyword.
(Maka pada SEO, semuanya bermula dari keyword).

Namun berbicara tentang keyword, kita tak bisa luput dari sebuah terminologi yang menggambarkan bagaimana ia di ketikan oleh pengguna ke dalam kotak pencarian, dikenali dengan istilah "Search Query" atau Search Term".

Mayoritas pengguna awam hanya tahu bahwa dengan memasukkan kata atau kalimat yang ingin dicari di google dengan gaya bahasa masing-masing maka mereka dapat berharap segera menemukan jawabanya.

Dan demi memahami karakteristik pada tataran akar rumput psikologis pengguna yang botabane adalah target market sebenarnya.

#. Search Queries

>  Informational Queries 

Pencarian untuk sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan informasi secara luas pada topik apa saja.
Contoh: Ibukota Jamaika, tanggal lahir presiden soekarno, kumpulan pantun, dan lain-lain.

> Transactional Queries

Pencarian untuk sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan transasional seperti berbelanja atau mengunduh sesuatu.
Selain mengikuti sertakan kata-kata umum yang berkaitan dengan transaksi seperti "jual", "beli", "murah", Seringkali pengguna juga memasukkan merek dan brand yang dicari. 

> Navigational Queries

Jenis query ini hanya akan memanfaatkan Google sbagai jalan masuk dengan beragam motif alami, diantaranya: malas mengetikan langung alamat URL di browser, tidak atau (malas) menghafal alamat URL yang ingin dituju untuk ingin menemukan halaman tertentu dari sebuah website yang sudah di ketahui.
Pada Navigational Queries, pengguna biasanya memasukan nama atau merek tertentu secara langsung di kotak pencarian Google, Contoh "youtube" ntuk mengakses Youtube.com atau cv garuda muda indonesia untuk masuk ke situs resmi maskapai ini di cv garuda muda indonesia.com.

Dengan watak tersebut, terlihat jelas jika Navigational Queries bukanlah sesuatu yang memberikan banyak kesempatan bagi pemain SEO sehingga apabila website yang kita bangum hanya berfokus pada konten tanpa memiliki misi branding untuk mencetuskan tren dan volume pencarian, ada baiknya kita melupakan Navigational Queries.